Bidang-Bidang Psikologi

Januari 4, 2009 at 11:20 am Tinggalkan komentar

1. Psikologi eksperimental

Para ahli psikologi eksperimental sealu mengunakan metode eksperimen dalam melakukan studi ilmiah. Para ahli psikologi eksperimental menyelidiki tentang binatang. Mereka terkadang mencari hubungan antara perilaku binatang dengan perilaku manusia. Mereka memikirkan mengenai perkembangan metode pengukuran dan pengontrolan yang tepat.

2. Psikologi Biologikal (Biopsikologi)

Biopsikologi mempelajari proses pikologi di dalam tubuh manusia, fungsi-fungsi terperinci dari otak. SebagaiĀ  proses belajar dari biopsikologi mempelajari tingkah laku manusia.

3. Psikologi Perkembangan

Mempelajari perkembangan manusia dan faktor-faktor yang membentuk perilaku dari lahir sampai lanjut usia ( the whole life span )

4. Psikologi Sosial

Mempelajari cara bagaimana interaksi dengan orang lain yang mempengaruhi sikap dan perilaku. Contohnya, perilaku kelompok dan survei opini publik. Psikologi sosial juga mempelajari interaksi individu dengan lingkungannya.

5. Psikologi Kepribadian

Memfokuskan pada perbedaan antara individu, keunikan masing-masing individu, mengklasifikasikan individu untuk tujuan praktis ( melihat perbedaan tiap individu ).

6. Psikologi Klinis

Menerapkan asas-asas psikologi pada diagnosis dan perawatan masalah emosi dan perilaku. Mereka dapat bekerja dirumah sakit jiwa, peradilan anak-anak atau tempat penitipan anak-anak nakal, klinik kesehatan mental, yayasan untuk penderita keterbelakangan mental, lembaga pemasyarakatan atau fakultas kedokteran.

7. Psikologi Konseling

Hampir sama runaglingkupnya dengan psikologi klinisi namun perbedaannya berada pada masalah psikologis yang tidak terlalu berat.

8. Psikologi sekolah

Mempelajari masing – masing anak untuk menilai masalah belajar dan emosional ( bila siswa mengalami masalah tentang emosi ). Memberikan dan menafsirkan hasil tes intelegensi, tes hasil belajar, dan tes kepribadian. Dengan berkonsultasi pada orangtua dan guru.

9. Psikologi pendidikan

Biasanya ahli psikologi pendidikan ditempatkan pada lembaga-lembaga pendidikan atau fakultas pendidikan, dimana mereka dapat mengadakan penelitian mengenai metode pengajaran dan membantu membimbing para guru.

10. Psikologi Industri / Organisasi

Menangani masalah seperti memilih orang yang paling cocok untuk pekerjaan tertentu mengembangkan program, perilaku konsumen.

11. Psikologi Rekayasa

Mencoba memperbaiki hubungan antara orang dan mesin, mencoba merangsang mesin untuk meminimalkan kesalahan manusia. Contohnya, mengamati keadaan psikis buruh terhadap hasil produksi dalam jangka panjang yang dikarenakan proses buruh itu menyelesaikan suatu barang, apakah dalam keadaan duduk? atau berdiri ?,bagaimana sebaiknya? dalam hal ini ahli psikologi rekayasa memiliki peran untuk menentukan apakah buruh tersebut lebih baik duduk atau berdiri dalam melakukan pekerjaannya.

12. Psikologi Evolusioner

Membahas asal mula mekanisme kognitif dan psikologis lain. Cabang-cabang ilmu yang terlibat adalah : antropologi, biologi, dan psikiatri.

13. Psikologi Komparatif

Penelitiannya berpusat pada non human species untuk mengerti proses biologi dan proses lain yang mempengaruhi perilaku. Penelitiannya digeneralisasi pada manusia.

14. Psikologi Interdisiplin

Gabungan bidang-bidang psikologi dalam meneliti fenomena psikologi.

15. Psikologi Kognitif

Mempelajari kemampuan kognisi, seperti : persepsi, proses belajar, kemampuan memori, atensi, kemampuan bahasa, dan emosi. Terkadang para ilmuwan mempelajari psikologi kognitif ini dari hasil penelitian di laboratorium.

16. Psikologi Abnormal

Mempelajari apa yang menyebabkan kekacauan mental dan pengobatan. Untuk mengobati kekacauan itu dapat dipahami dari sisi kejiwaannya daripada dengan cara pengobatan yang kebanyakan dari pengaruh Sigmund Freud.

Beberapa keahlian yang muncul

17. Psikologi forensik

Bekerja dalam berbagai sistem pengadilan dan sistem rehabilitas. Misalnya berkonsultasi dengan instansi kepolisian dan petugas pengadilan dalam meningkatkan pengertian mereka terhadap masalah manusia yang harus mereka tangani.

18. Psikologi yang mengkhususkan pada Ilmu Komputer

Merencanakan rancangan dan analisis data eksperimen dan survei dalam skala besar yang membutuhkan perhitungan yang rumit, yang hanya dilakukan komputer. Mereka juga dapat bekerja dalam bidang intelegensi tiruan, menciptakan komputer dan robot yang dapat melakukan tugas intelektual yang dianggap memiliki ciri pikiran manusia.

About these ads

Entry filed under: Psikologi umum. Tags: .

Topik Dalam Psikologi Mengenal Autisme

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Free Image Hosting at www.ImageShack.us

QuickPost Quickpost this image to Myspace, Digg, Facebook, and others!
Januari 2009
S S R K J S M
« Des    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Pete Thipegen

" Dengan benar-benar percaya bahwa hati adalah tujuan sejati, maka alasan keberadaan sesungguhnya adalah; perluaslah kehidupan orang lain, maka kehidupan anda akan semakin luas juga "

Arsip

Pete Thipegen,says…

" Perluaslah kehidupan orang lain, maka kehidupan anda akan semakin luas juga "

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: